iPhone 6 Kok Batal Pakai Layar Safir?

KOMPAS.com - Smartphone Apple, iPhone 6 sempat dirumorkan akan mengusung layar dengan materi kaca safir. Namun pada hari pengumumannya, Selasa (9/9/2014), materi layar tersebut urung hadir di iPhone 6.

Padahal, banyak bocoran foto dan video yang beredar di internet yang menunjukkan betapa kuatnya layar safir untuk iPhone 6 tersebut. Apa alasan Apple menanggalkan fitur layar safir itu?

Menurut laporan VentureBeat, yang mengutip analis IDC, Danielle Levitas, alasan Apple tidak menggunakan layar safir di iPhone 6 adalah drop-test (uji jatuh) yang tidak sesuai dengan harapan Apple, serta mahalnya materi safir yang akan digunakan.

Waktu juga menjadi alasan lain mengapa layar safir absen di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. "Perjanjian antara Apple dengan GT Advanced Technologies (produsen layar safir) disetujui pada 3 November 2013, waktu sepuluh bulan tidaklah cukup untuk membuat puluhan juta layar iPhone yang berkualitas tinggi," ujar Travis Holum, analis dari firma Motley Fool.

Apple memang sempat dikabarkan memiliki kendala dalam hal pasokan komponen pendukung iPhone barunya, termasuk layar.

Dikutip dari Digital Trends, para analis meramalkan bahwa masih ada kemungkinan Apple akan memberikan fitur layar safir di perangkat iPhone yang akan datang.

Bagaimanapun, materi layar kristal safir tetap digunakan Apple dalam produk smartwatch-nya, Apple Watch. Jam tangan pintar itu akan mulai dijual pada awal tahun 2015 mendatang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »