Seperti BBM, WhatsApp Kini Punya Status "Read"

KOMPAS.com - Meski sangat populer, WhatsApp dianggap memiliki kekurangan karena tidak menyediakan notifikasi keterbacaan pesan yang dikirim. Sementara, BlackBerry Messenger dan Line telah menjadikan fitur "Read" ini sejak lama.

Fitur ini bagi banyak pengguna sangat penting karena bisa memastikan pesan yang dikirim telah terbaca oleh rekannya.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, WhatsApp akhirnya merilis fitur status baca untuk sebuah pesan. Kehadiran fitur ini pertama kali ditemukan oleh 9to5Mac, pada Rabu (5/11/2014).
Situs teknologi tersebut mendapati adanya tanda centang baru berwarna biru yang ternyata menunjukkan pesan tersebut telah dibaca oleh penerima.

Sebelumnya, WhatsApp hanya mempunyai dua notifikasi untuk sebuah pesan. Centang satu yang menerangkan bahwa pesan telah terkirim ke server. Sementara, tanda centang dua kali menyatakan bahwa pesan telah terkirim ke perangkat tujuan, bukan sudah dibaca oleh penerima.

Selama ini, cukup banyak pengguna yang mengartikan centang dua di WhatsApp adalah pesan yang dikirim telah dibaca penerima. Padahal sebenarnya, pesan tersebut baru sampai di perangkat penerima.

Fitur "Read" di WhatsApp saat ini sudah muncul di perangkat berbasis iOS, Android, dan Windows Phone. Sebelumnya, pengguna harus mengunduh aplikasi WhatsApp terbaru dari toko aplikasi masing-masing platform.

WhatsApp Penjelasan centang biru untuk status sebuah pesan di situs resmi WhatsApp.
Saat dicoba KompasTekno, Kamis (6/11/2014), fitur baru yang ditandai dengan tanda centang dua berwarna biru ini baru aktif bila lawan bicara telah menggunakan aplikasi WhatsApp terbaru. 

Fitur baru ini diam-diam ternyata sudah dicantumkan dalam sebuah dokumen di situs resmi WhatsApp

Dalam dokumen disebutkan, selain centang warna biru, status sebuah pesan dapat dilihat dari "Message Info". Untuk melihatnya, tekan dan tahan pesan yang dikirim kemudian klik tanda (i) atau kata Info. Akan muncul, informasi waktu pesan tersebut terkirim dan terbaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »