Unduh Aplikasi iOS Kini Tak Harus di App Store

KOMPAS.com - Mengunduh aplikasi iOS kini tak harus menyambangi toko aplikasi Apple App Store. Ke depannya, pengguna gadget Apple dapat mengunduh aplikasi iOS lewat App Pins, produk teranyar hasil kerjasama Apple dan Pinterest.

'App Pins' adalah fitur baru dalam aplikasi Pinterest untuk iOS yang memungkinkan pengguna mengunduh langsung aplikasi untuk iPad atau iPhone tanpa harus keluar dari Pinterest atau masuk ke App Store.

Selain kemudahan pengunduhan, dilansir KompasTekno, Jumat (13/2/2015) dari New York Times, kerjasama Apple dan Pinterest ini dicanangkan juga untuk membantu pengguna gadget iOS dalam mencari aplikasi yang sesuai kebutuhannya. Pasalnya, terdapat lebih dari 1,4 juta aplikasi terpatri di toko aplikasi Apple. 

Pilihan yang terlampau banyak tersebut, walau lengkap, namun juga membingungkan pengguna. Dengan App Pins, pengguna dapat langsung menemukan aplikasi iOS yang benar-benar dibutuhkan dalam waktu yang lebih cepat dan dapat langsung diunduh.

Sebenarnya kerjasama Apple dan Pinterest cukup mengejutkan. Seperti diketahui, Apple adalah perusahaan teknologi yang paling tertutup untuk berbagi akses dengan perusahaan atau produk lain. Konsistensi ini menyusul prinsip Apple yang tak ingin penggunanya diterpa virus atau bug semacamnya.

Cari aplikasi iOS jadi mudah

Fitur App Pins yang sudah tersedia dalam aplikasi Pinterest versi terbaru ini memiliki cara kerja serupa dengan Pinterest. Jika Pinterest mengkategorikan foto, resep makanan, dan hal lainnya, untuk dikumpulkan bersama secara teratur, maka App Pins melakukannya khusus untuk aplikasi smartphone yang mendukung iOS.

Lewat App Pins, pengguna hanya perlu mengetik karakter aplikasi yang dibutuhkan. Misalnya pengguna mengetik 'fitness', maka hanya aplikasi yang relevan dengan aplikasi kesehatan/olahraga yang akan muncul. Jika sudah muncul, pengguna dapat memilih apakah langsung akan mengunduh aplikasi itu, atau menyimpannya (pin) terlebih dahulu.

"Layanan kami bisa menjadi sangat kuat karena menawarkan solusi untuk masalah pencarian aplikasi yang sebelumnya tak terpecahkan. Kami memang ingin menghubungkan orang-orang dengan hal-hal yang mereka inginkan," kata Evan Sharp, pendiri Pinterest.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »